Selasa, 21 Mei 2013

Selamatkan Hutan Kita dengan Pembelajaran IPA Terpadu

Hutan.. ya hutanlah yang akan mendukung segala kehidupan umat manusia dibumi.. Coba cermati, sudah berabad-abad lamanya segala kebutuhan hidup manusia dicukupi oleh hutan. Mulai dari sumber air bersih, pasokan oksigen, segala kebutuhan makanan hingga kebutuhan psikologis pemuas mata ini juga diberikan oleh hutan.  Mulai dari manusia pertama, maunsia purba hingga manusia modern seperti saat ini masih tergantung pada hutan...

Seperti yang telah diuraikan diatas, banyak sekali yang telah diberikan
hutan untuk kita. Tapi apa balasan yang telah kita lakukan??? Tak satupun, bahkan kita lebih cenderung merusak hutan yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa demi keegoisan serta keserkahan kita. Mulai dari sekarang, buat satu langkah kecil untuk "SELAMATKAN HUTAN KITA MELALUI PEMBELAJARAN IPA TERPADU"



Di jaman modern yang marak akan peningkatan teknologi yang berimplikasi pada peningkatan polusi dan pencemaran ini,seharusnya manusia melestarikan hutan  yang merupakan bagian alam pemberian Tuhan kepada manusia,sebagai media pembantu untuk menjaga kebersihan udara yang ada di bumi ini. Akan tetapi yang terjadi sekarang justru sesuatu yang kami yakin bahkan Tuhan-pun akan tercengang melihatnya. Seakan mampu menghisap gas metan dan CO2 ,untuk memuaskan hasrat ekonomimnya,manusia menebang habis paru-paru yang dimiliki oleh bumi ini. Dan para oknum terus melakukan penggundulan hutan seakan bisa memberikan dan menciptakan Oksigen pengganti. Keadaan ini bila dibiarkan,bukan tidak mungkin akan merusak berbagai sektor,mulai sektor pencemaran polusi udara,perusakan habitat alam bagi hewan,dan bahkan akan memicu semakin tingginya angka pemanasan global.
Berdasarkan dampak buruk bagi masa depan itulah,kami merasa perlu adanya perubahan,adanya suatu langkah awal untuk menjaga bumi ini. Kemajuan teknologi bukanlah alasan untuk manusia merusak bumi ini. Dan untuk generasi muda khususnya,mari kita upayakan sebuah cara untuk mengatasi hal ini,sebuah langkah penyelamatan untuk generasi-generasi 50 tahun mendatang,tidakkah kita ingin melihat anak dan cucu kita hidup dengan damai di masa depan kelak ?. Untuk menjawab hal itu, langkah nyata yang harus kita ambil adalah langkah aktif melestarikan hutan seperti yang sudah biasa digembor-gemborkan. Langkah yang satu ini memang tidak terlihat seperti go green yang langsung tepat sasaran pada pelestarian. Yap melalui pembelajaran IPA Terpadu atau SETS, yang biasa disingkat Salingtemas akan menanamkan sikap cinta, peduli pada lingkungan tak terkecuali hutan kita.
Dengan menerapakan pembelajaran SETS pada mapel IPA, maka karakter cinta lingkungan dari damapak SETS akan menjadi pijakan utama para generasi bangsa ini lebih peduli pada hutannya. Sebab dalam pembelajaran SETS, siswa kan mengalami fase pemikiran, pengamatan dan proses mencari solusi dari setiap tindakan manusia yang berkaitan dengan alam ini, sehingga siswa dapat mengetahui apa dan bagaimanan dampak perilaku mereka terhadap kelestarian alam ini., terutama bagi hutan Indonesia.
           “With Great Nature,Will Comes Great Nation !!”. Akhir tulisan semoga pembaca mendapat manfaat dari artikel kami. STOP PEMBALAKAN LIAR,SELAMATKAN HUTAN INDONESIA !!!
refrensi :http://regional.kompas.com/read/2011/06/21/1300318/88.Persen.Penebangan.di.Indonesia.Liar

0 komentar:

Posting Komentar

 
Go Green... with Science Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template